Sabtu, 14 Desember 2013

TOPIK 9
Quality Of Services

- Response-Time Impact
- Expectations and Attitudes
- User Productivity
- Variability in Response Time
- Frustating Experience

Waktu itu berharga
- Waktu respons yang panjang atau tidak terduga dapat mengakibatkan: Frustasi, Kekesalan, dan Kemarahan
- Pekerjaan yang cepat dan singkat untuk user dapat menghasilkan: learning less, membaca dengan pemahaman yang kurang, membuat makin banyak kemungkinan terjadinya error.

Response Time
- Berapa Detik dari waktu yang dibutuhkan untuk melakukan suatu aktivitas ketika user memulainya dan komputer menampilkannya

User Think Time
- Berapa Detik dari waktu ketika user berfikir untuk melakukan apa activity selanjutnya yang akan dilakukan
Expectation and Attitudes
- User sudah terbiasa dengan cara kerja berdasarkan waktu respons dalam hitungan perdetik
- User bisa mendeteksi perubahan dalam 2-4 detik dari waktu respon

Response Time Choke
- Sistem melambat ketika tingkat load rendah sedangkan potential performance tinggi
- Membuat response time lebih standar dalam jangka waktu yang lama dan untuk berbagai user, menghindarkan dari ekspektasi response time yang selalu diharapkan dapat dipenuhi

- Tiga hal yang mempengaruhi Response Time : Pengalaman sebelumnya, toleransi individual terhadap delay, dan kerumitan tugas

User Productivity
- Repetitive Task : Produktivitas dari mengerjakan suatu tugas sangat dipengaruhi oleh response time, response time yang singkat menjadikan user merespon dengan lebih cepat, namun pemilihan bisa menjadi tidak optimal
Goodman and Spence (1981) : mengurangi response meningkatkan produktivitas
Teal and Rudnecky (1992)       : response yang lebih lambat meningkatkan akurasi

Frustating Experience
Karena Frustasi, distraksi, dan iterupsi dapat menghalangi lancarnya progress, strategi desain yang seharusnya bisa membuat user bisa berkonsentrasi.

Tiga Strategi yang bisa mengurangi tingkat Frustasi dari pengguna:
1. Mengurangi memory kerja dan memory jangka pendek
2. Menyediakan informasi yang banyak
3. Meningkatkan Automaticity ; automacity adalah konteks yang memproses informasi  secara otomatis, terjadi tanpa kontrol secara sadar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar