Guidelines, Principles and Theories
(Pedoman, Prinsip-prinsip dan Teori)
Pedoman
1. Mengatur Antarmuka : menggunakan urutan kerja yang terstandar, gunakan heading yang unik dan jelas, gunakan thumbnail images untuk memperlihatkan gambar yang lebih besar, gunakan check box untuk binary choices
2. Menyusun tampilan : penampilan data yang konsisten, memberikan informasi yang effisien untuk user, meminimalisir penggunaan memory untuk user, fleksibilitas kepada pengguna untuk memilih bagaimana data ditampilkan
3. Dapatkan perhatian pengguna; beberapa ini adalah petunjuk/pedoman untuk bisa mendapatkan perhatian dari pengguna, antara lain:
- Ukuran
- Pemilihan Font
- Warna
- Suara
- Intensitas
- Penandaan
Prinsip-prinsip
1. Menentukan level-level kemampuan dari pengguna : "Ketahui user anda"; Umur, Jenis Kelamin, Kemampuan Fisik dan Kognitif, Pendidikan, Latar belakang atau budaya, tujuan dari user itu, dan kepribadiannya.
- Desain berdasarkan dari level kemampuan:
a. Novice atau pengguna yang baru pertamakali
b. Pengguna yang memiliki pengetahuan yang cukup
c. Pengguna expert, secara halus veteran
2. Mengidentifikasikan Tugas/Kerja : Task Analysis biasanya melibatkan waktu yang lama untuk mengobservasi dan menginterview pengguna
3. Pilih gaya yang interaktif : manipulasi secara langsung, pemilihan menu, pengisian form, bahasa yang natural/mudah dipahami
4. Cegah Kesalahan (Prevent Error) : buat pesan dari error secara spesifik, dalam deskripsi yang positif dan membangun untuk pengguna
Teori
1. Explanatory and Predictive Theories : Explanatary - Mengobservasi sifat, menjelaskan aktifitas, membandingkan 2 konsep level tinggi. Predictive - Memungkinkan desainer untuk membandingkan desain dalam hal waktu eksekusi dan tingkat kemungkinan terjadinya kesalahan.
2. Perceptual, Cognitive and Motor Task
3. Taxonomy : mengurutkan phenomena-phenome yang kompleks, memfasilitasi perbandingan yang berguna, mengorganisir topic untuk pengguna yang baru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar