Topik 3
Managing Design Processes
(Mengatur Proses Desain)
Organizational Design and Support Usability
- Desain adalah aktifitas kreatif yang membangun dari banyak segi kualitas dari suatu objek, proses dan sistem dalam 1 life cycle.
- Desain tidak bisa dipisahkan dari kreatif dan sulit ditebak. Desainer sistem yang interaktif harus bisa memadukan pengetahuan dengan intuisi estetik yang bisa memikat seorang pengguna
a. One Method to Characterize Design (Rosson and Carrol, 2002) is:
Satu cara untuk mengkarakteristikan design adalah:
1. Desain adalah sebuah proses
2. Proses dari desain tidak hirarkis
3. Prosesnya dapat berubah-ubah
b. 4 Pilar Utama dari Desain
-User Interface Requirements
Permintaan dan spesifikasi yang jelas dari user requirement adalah kunci utama dari berhasil tidaknya sebuah development activity
- Guidelines Document & Process
Tiap proyek memilik kebutuhan yang berbeda, tapi kita harus mempertimbangkan: huruf, icon, tampilan, perangkat input-output, urutan kerja
- User-Interface Software Tools
Salah satu kesulitan dari mendesain sistem yang interaktif adalah customer dan user mungkin tidak mengetahui bagaimana hasilnya sebuah sistem setelah selesai dibuat. Karena sistem interaktif masih baru dalam berbagai situasi, pengguna mungkin tidak menyadari implikasi dari pemilihan sebuah desain.
- Expert Reviews & Usability Testing
Sebagai tambahan dari berbagai macam metode expert review, test dengan pengguna, survey, dan alat analisis otomatis menunjukan hasil yang bermanfaat/berguna
Prosedur berubah secara besar tergantung dari tujuan usability, jumlah pengguna yang diharapkan, bahaya dari kesalahan/error, dan level investasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar