Sabtu, 09 November 2013

Topik 5
Direct Manipulation and Virtual Environtments

Pendahuluan

User yang antusias menyatakan beberapa perasaan yang positif berikut ini:
- Menguasai antarmuka, merasa mampu dalam melakukan tugas, mudah memahami sistem dan menguasai fitur-fitur lanjutan, merasa percaya diri untuk bisa menguasainya dalam waktu yang lama, menyukai antarmuka, semangat untuk bisa menunjukan antar muka untuk pengguna baru.

Contoh controller dari nintendo yang mengenalkan kontrol dengan menggunakan 1 tangan:






Berikut contoh Direct-Manipulation System:
- Command Line vs Display Editor and Word Processor
Waktu latihan untuk display editor lebih pendek dari pada dengan line editor
Line editor umumnya lebih flexibel dan bertenaga

- Keuntungan dari WYSIWYG (What You See is What You Get) - Apa yang anda lihat adalah apa yang anda dapatkan:
User dapat melihat full page dari text, dokumen terlihat seperti dokumen nanti akan diprint, gerakan kursor terlihat, gerakan cursor natural, label ikon kadang membuat aksi lebih mudah dilakukan, respon yang cepat, mudah dalam melakukan langkah balik

Contoh WYSIWYG: Microsoft Word 2007
Contoh dari Direct Manipulation System:
1. Spatial Data Management
2.  Video Games Console
Nintendo, Sony Play Station, Microsoft Xbox




Antarmuka Direct-Manipulation sekarang sudah digunakan dalam berbagai macam bidang aplikasi, contohnya management dashboard untuk retail store.

Masalah dari Direct Manipulation
Flowchart tingkat tinggi dan skema database dapat menjadi membingungkan, desain mungkin saja menjadikan informasi yang penting tidak dapat ditampilkan, pengguna harus bisa memahami tampilan representatif, tampilan bisa saja ambigu, mengetik command secara langsung dengan keyboard bisa saja lebih cepat dari pada direct manipulation

Prinsip dari Direct Manipulation
Representasikan object dan aksi secara simultan dengan penampilan contoh yang menarik, menekan tombol fisik atau tombol berlabel dari pada sebuah sintaks yang kompleks.

Antarmuka 3 Dimensi
Antarmuka 3 D yang "sungguhan" memiliki kegunaan yang kuat untuk beberapa hal, contohnya medis, desain produk. Dalam situasi yang lain, bisa saja ini membuat hal menjadi lebih rumit. 
Antarmuka 3 D yang "diperkuat", lebih baik dari pada kenyataan, dapat membantu kita meminimalkan batasan dari dunia nyata, contohnya memberikan beberapa tampilan visual secara sekaligus.

Contoh:

Virtual dan Augmented Reality
Virtual Reality melewati batas-batas dari kemampuan fisik dari ruang dan memungkinkan pengguna untuk melakukan kegiatan seperti mereka sedang berada dalam tempat lain.
Augmented Reality menampilkan dunia nyata dengan beberapa tampilan tambahan

Contoh:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar